Pentingnya mempelajari Perilaku Konsumen:
- Memperkirakan kecenderungan konsumen terhadap informasi yang diterimanya, sehingga pemasar dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai
- Pemasar akan mampu mempengaruhi perilaku tersebut sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan pemasar
Apakah perilaku konsumen?
- Proses yang digunakan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian, seperti halnya untuk penggunaan dan penentuan pembelian barang atau jasa, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk (Kotler)
- Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) adalah dinamika interaksi antara pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek-aspek kehidupan (American Marketing Association)
Perilaku konsumen melibatkan interaksi
- Interaksi antara pemikiran, perasaan,tindakan dan lingkungan
- Diperlukan Pemahaman produk dan merek yang berarti bagi konsumen
- Semakin banyak pemasar mengetahui interaksi yang mempengaruhi konsumen, semakin baik dalam memuaskan kebutuhan konsumen termasuk menciptakan nilai bagi konsumen.
Perilaku konsumen melibatkan pertukaran
- Melibatkan pertukaran antar manusia
- Memberikan sesuatu yang bernilai kepada yang lain dan menerima sesuatu sebagai imbalan
- Peran pemasar, membantu menciptakan pertukaran melalui strategi pemasaran
Sumber : j.Paul peter & jerry c. olson (2013)