PERILAKU KONSUMEN & STRATEGI PEMASARAN

Pentingnya mempelajari Perilaku Konsumen:

  • Memperkirakan kecenderungan konsumen terhadap informasi yang diterimanya, sehingga pemasar dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai
  • Pemasar akan mampu mempengaruhi perilaku tersebut sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan pemasar

Apakah perilaku konsumen?

  • Proses yang digunakan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian, seperti halnya untuk penggunaan dan penentuan pembelian barang atau jasa, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk (Kotler)
  • Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) adalah dinamika interaksi antara pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek-aspek kehidupan (American Marketing Association)

Perilaku konsumen melibatkan interaksi

  • Interaksi antara pemikiran, perasaan,tindakan dan lingkungan
  • Diperlukan Pemahaman produk dan merek yang berarti bagi konsumen
  • Semakin banyak pemasar mengetahui interaksi yang mempengaruhi konsumen, semakin baik dalam memuaskan kebutuhan konsumen termasuk menciptakan nilai bagi konsumen.

Perilaku konsumen melibatkan pertukaran

  • Melibatkan pertukaran antar manusia
  • Memberikan sesuatu yang bernilai kepada yang lain dan menerima sesuatu sebagai imbalan
  • Peran pemasar, membantu menciptakan pertukaran melalui strategi pemasaran

Sumber : j.Paul peter & jerry c. olson (2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *