Sebagai salah satu program studi terbaru yang sangat diminati, Manajemen Perhotelan Udinus berkomitmen untuk membentuk karakter mahasiswa agar dapat menjadi lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, program studi ini mencanangkan pembentukan karakter mahasiswa “COMPETENT”. “COMPETENT” adalah sebuah akronim dari “Competitive”, “Outgoing”, “Mannerly”, “Professional”, “Experienced”, “Tough”, “Energetic”, “Neat”, dan “Trustworthy”.
Karakter “Competitive” memiliki makna para mahasiswa dan mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus memiliki daya saing tinggi. Mereka diharapkan dapat memenangkan kompetisi untuk mendapatkan kesempatan kerja setelah mereka lulus nantinya. Untuk menciptakan daya saing tersebut, program studi Manajemen Perhotelan akan membekali mereka dengan pengalaman kerja nyata di hotel-hotel kelas atas melalui program magang. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti berbagai macam lomba atau kompetisi bidang perhotelan di bawah bimbingan para dosen yang berpengalaman.
Karakter “Outgoing” berarti mahasiswa dan mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus memiliki karakter bersahabat dan ramah. Selama ini, ramah masyarakat Indonesia dipuji oleh dunia sebagai masyarakat yang sangat ramah tamah. Karakter ini akan dimiliki oleh mahasiswa dan mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus dengan cara memperkuat interaksi interpersonal antara dosen dengan mahasiswanya, sehingga terbina hubungan yang dekat dalam konteks nonformal.
Karakter “Mannerly” berarti mahasiwa Manajemen Perhotelan Udinus memiliki sikap sopan santun. Dalam dunia perhotelan, sikap sopan dan santun kepada klien adalah sebuah kewajiban. Untuk memperoleh karakter tersebut, Manajemen Perhotelan Udinus akan terus memberikan pemahaman kepada mahasiswa-mahasiswinya melalui kegiatan formal (seminar atau workshop) dan nonformal (acara keakraban dosen dan mahasiswa).
“Professional” berarti mahasiswa-mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus memiliki berkarakter profesional. Profesionalisme ini dibangun dari tata tertib di dalam dan luar kelas. Program Studi Manajemen Perhotelan menerapkan beberapa aturan-aturan yang diadopsi dari dunia kerja perhotelan untuk ditaati mahasiswa-mahasiswinya.
Karakter “Experienced” atau “Berpengalaman” berarti mahasiswa dan mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus mengenyam berbagai pengalaman magang selama satu tahun di hotel-hotel papan atas di Indonesia dan berbagai kegiatan sertifikasi yang dapat mendukung kompetensi perhotelan mereka, seperti sertifikasi bahasa atau perhotelan.
Karakter “Tough” berarti mahasiwa dan mahasiswi Manajemen Perhotelan memiliki semangat baja untuk menggapai impian mereka. Program Studi akan menggembleng karakter ini melalui kegiatan dalam dan luar kelas. Disiplin perkuliahan dan pembimbingan berbagai lomba dan aktivitas kemahasiswaan juga dapat meningkatkan karakter “Kuat” mahasiswa dan mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan ini.
Karakter “Energetic” berarti mahasiswa-mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus akan memiliki sikap enerjik dan tidak kenal lelah ketika memperoleh tugas tertentu. Karakter ini akan dipupuk melalui berbagai penugasan dan kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Selain itu, berbagai penugasan berbasis proyek (project-based assignment) juga diharapkan dapat meningkatkan karakter ini.
“Neat” berarti mahasiswa Manajemen Perhotelan Udinus memiliki karakter “rapi”. Karakter ini tidak hanya menitikberatkan pada tampilan fisik semata, namun juga pada tingkah laku dan kebiasaan mereka. Karakter “neat” ini akan dilatih melalui aturan-aturan yang berlaku di dalam dan luar kelas, misalnya melalui aturan penampilan fisik, perkuliahan, penugasan, workhsop grooming, dan lain sebagainya.
Karakter yang terakhir adalah karakter “Trustworthy”. Karakter ini merupakan karakter mahasiswa-mahasiswi Manajemen Perhotelan Udinus yang dapat dipercaya dan diandalkan. Karakter ini merupakan karater kunci dari semua karakter yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswi Manajemen Perhotelan. Untuk menjadi seseorang yang dipercaya dan diandalkan, maka seluruh elemen karakter harus berjalan dengan baik. Oleh karena itu, seluruh civitas academia Manajemen Perhotelan Udinus berkomitmen tinggi dalam mengawal dan menciptakan mahasiswa-mahasiswinya yang kompeten dengan karakter “COMPETENT”.