Masuk Jurusan Apa Ya ?

Memilih jurusan kuliah selalu menjadi masalah bagi calon mahasiswa. Meskipun sekilas terlihat simpel, sebenarnya memilih jurusan kuliah memerlukan banyak pertimbangan. Apalagi calon mahasiswa seringkali mendapat banyak masukan dan tekanan dari orang-orang sekitar yang membuat bingung. Oleh karena itu memilih jurusan kuliah perlu dipikirkan dengan matang, karena bila keliru menentukan jurusan bisa berdampak bagi proses perkuliahan ke depan. Nah sebagai calon mahasiswa kamu perlu mengetahui jurusan kuliah yang kamu pilih secara lebih detail agar nantinya tidak merasa salah jurusan. Bagaimanakah caranya ? simak tips berikut ini ya Dinusian!

Kenali Apa yang akan Dipelajari

Setelah kamu berhasil menentukan ingin masuk ke jurusan apa, cobalah cari tahu tentang jurusan tersebut, apa yang akan dipelajari selama di perkuliahan. Meskipun terlihat sepele,  ini adalah hal yang krusial, jangan sampai kamu salah memilih jurusan kuliah karena tak tau apa yang akan kamu pelajari

Apa Mata Kuliahnya

Meskipun tidak semuanya harus kamu ketahui, setidaknya kamu harus punya bayangan kelas apa yang harusnya kamu ikuti di jurusan tersebut sehingga kamu bisa mempersiapkannya dan mengikutinya dengan maksimal.

Apa Fasilitas Pendukung yang Dibutuhkan

Jika kamu sudah bisa membayangkan mata kuliah apa saja yang dipelajari, maka tingkatkan satu level lagi untuk mencari tau apa fasilitas pendukung untuk perkuliahnnya, misalnya kamu ingin masuk jurusan Teknik Informasika, kamu akan kesulitan bila tidak mempunyai laptop/PC.

Berapa Lama Jenjang Pendidikannya

Meskipun terlihat sepele namun kamu juga harus mengetahui berapa lama jenjang pendidikan yang kamu pilih. Bisanya untuk jenjang strata satu (S1) lama masa studi adalah 4 tahun dan untuk jenjang diploma 3 (D3) lama masa studi adalah 3 tahun. Nah hal tersebiut juga bisa menjadi petimbangan pentingmu ingin lulus kapan dan kamu bisa menjadi penyemangatmu untuk lulus tepat waktu.

Bagaimana Prospek Kerjanya

Langkah terakhir, kamu harus mempertimbangkan prospek kerja jurusan kuliah yang kamu pilih.Kamu tentunya mempunyai cita cita ingin berprofesi sebagai apa nanti saat bekerja setelah lulus kuliah, nah pikirkan apakah jurusan pilihanmu bisa memberikan keuntungan untukmu di masa depan. Selai itu jangan lupa untuk memastikan kampus dan jurusan yang kamu pilih sudah terakreditasi ya Dinusian karena hal ini akan membantumu di dunia kerja nantinya.

Jika langkah langkah diatas sudah kamu ketahui jawabannya dan kamu sudah merasa cocok maka memilih jurusan kuliah sesuai pilihanmu tersebut adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *