Catatan Programmer: Konten adalah Raja

Konten adalah raja (Content is a king), ungkapan yang menunjukkan betapa pentingnya konten dalam sebuah media. Media apapun itu.

Salah satu request yang paling banyak diminta ke web developer adalah permintaan untuk membuat web konten. Berbeda dengan web aplikasi di mana tujuan utamanya adalah menerima berbagai macam input, melakukan pengolahan data, melakukan validasi proses, serta menampilkan laporan dalam bentuk yang mudah dipahami, tujuan utama dari web konten adalah menampilkan informasi penting agar lebih mudah diakses oleh pengunjung dan mudah dicari oleh calon pengunjung.

Konten, Raja yang Terlupakan

Berbicara tentang web konten sudah pasti yang terpenting adalah konten. Jadi kalau kita berharap ingin memiliki web sebagai media informasi, maka pertama kali yang harus dipersiapkan dan dimiliki adalah Informasi itu sendiri. Desain, SEO, dan teknologi perannya hanyalah sebagai pendukung saja. Tanpa seorang raja, apalah artinya sebuah kerajaan.

Sayangnya, percaya atau tidak, yang sering dilupakan ketika seorang customer memesan web konten pada programmer adalah kontennya itu sendiri. Atau mungkin lebih tepatnya, banyak customer yang menganggap konten itu urusan mudah sehingga diasumsikan ketika request untuk dibuatkan website otomatis web developer sudah otomatis bisa membuat konten yang sesuai dengan yang ada dalam kepalanya.

Kurang lebih ilustrasinya seperti ini:

  • Customer: Mas minta tolong dibuatkan web untuk instansi saya ya
  • Developer: Baik bisa bu, maaf ini instansinya di bidang apa ya?
  • C: Bergerak di bidang bantuan hukum untuk hewan peliharaan dan hewan-hewan terlantar mas.
  • D: Oke bu, kurang lebih berarti layoutnya seperti ini, dengan struktur menu dan kategorisasi seperti ini ya bu?
  • C: Oke saya setuju mas, kan kamu yang lebih berpengalaman.
  • D: Ini websitenya nanti isinya mau dinamis, bisa ditambah postingan sendiri atau cukup statis hanya menampilkan beberapa halaman saja bu?
  • C: Dinamis dong, itu anak buah saya sudah banyak yang saya tugaskan untuk nulis.
  • D: Baik bu, dengan struktur seperti ini saya perlu beberapa bahan untuk halaman depan, kemudian deskripsi kategorisasi, visi-misi, kontak, dan lebih bagusnya kalau ada foto pendukung dan juga beberapa artikel awal dulu. Biar isinya nggak dummy.
  • C: Ohhhh…. gitu ya, itu juga dari kita ya? Oke minggu depan saya kirim semuanya
  • # Dan 7,5 tahun kemudian baru bisa kirim logo instansinya saja.

Bisakah Konten juga Difasilitasi oleh Developer?

Jawaban pendeknya: BISA

Namun perlu diingat, untuk membuat konten, mengambil dan mengedit foto, mendesain logo, dan tentunya menulis konten memerlukan tenaga dan biaya tambahan. Jadi, jangan kaget kalau developer All in One, akan memberikan charge harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan developer yang semata membuatkan web saja.

BTW, kalau yang diinginkan hanya membuat web konten sederhana, tanpa ada fitur integrasi data atau pengolahan proses yang rumit, kita tidak harus menguasai koding dengan bahasa pemrograman untuk membuatnya. Kita dapat memanfaatkan Content Management System (CMS) yang dilengkapi dengan Visual Builder Theme, sehingga proses developmentnya hanya perlu aksi drag & drop saja.

BTW lagi, saya pernah membuat artikel tentang penggunaan Visual Builder untuk pengembangan web di tulisan saya yang lain.

Kesimpulannya, jika kita dalam posisi customer yang minta untuk dibuatkan web, selalu ingat konten adalah raja, dan programmer bukan orang yang selalu bisa membuatkan konten untuk kita. Mempersiapkan konten kita sendiri adalah cara yang terbaik agar developer dapat bekerja optimal dengan hasil sesuai yang kita harapkan.

Sebaliknya dalam posisi kita sebagai developer/programmer, banyak customer yang masih belum sadar bahwa konten tidak serta merta disiapkan oleh developer. Sehingga persiapkan cara untuk berkomunikasi dengan customer agar mereka menyiapkan konten. Alternatif lain, siapkan paket web development plus content creation dalam pilihan biaya pengembangan web kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *