Tak Harus Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri

Keputusan melanjutkan pendidikan ke suatu perguruan tinggi menjadi hal yang sangat dipertimbangkan banyak pelajar. Ada beragam pertimbangan, mulai dari memilih jurusan kuliah, akreditasi, fasilitas, hingga lokasi. Universitas Negeri seringkali menjadi pilihan utama pelajar hingga saat ini, selain mempunyai nama yang besar, Universitas Negeri seringkali dianggap memiliki mutu lebih tinggi.

Tapi apakah lulusan Universitas Swasta kemudian menjadi tak layak bersaing dengan lulusan Universitas Negeri ? Tentu tidak. Saat ini harusnya kita berani meninggalkan anggapan bahwa Negeri selalu lebih baik dari Swasta, karena sejatinya keduanya memiliki kesetaraan. Terlebih era sekarang adalah era kompetisi, bukan lagi masalah swasta atau negeri. Mutu pendidikan perguruan tinggi dapat diketaui melalui akreditasi yang diperoleh. Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Berdasarkan data resmi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) terdapat setidaknya 2.288 perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta yang telah mendapatkan akreditasi A hingga C. Saat ini terdapat 96 perguruan tinggi Indonesia yang meraih akreditasi A, dan Universitas Dian Nuswantoro termasuk didalamnya. Inilah mengapa Universitas Dian Nuswantoro mampu bersaing dengan Universitas Negeri

Namun status menempuh pendidikan di Swasta atau Negeri bukanlah menjadi penentu susksesmu kedepannya, jika semasa kuliah tak dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan positif bisa jadi kamu tak akan mendapatkan apapun. Penentu suksesnya kehidupanmu kedepannya bukanlah status kuliah negeri atau swasta melainkan dirimu sendiri. Bagaimana kamu menyerap ilmu sebanyak banyaknya dari masa studimu

Mungkin beberpa orang akan minder jika ditanya tempat kuliahnya, stereotip bahwa orang yang menempuh pendidikan di Universitas Negeri adalah orang yang lebih cerdas dibanding orang yang menempuh mendidikan di Universitas Swasta adalah salah satu alasannya. Inilah mengapa seharusnya stereotip tersebut dihilangkan secepatnya. Hal ini karena ketika terjun ke masyarakat bukanlah tempat kuliahmu yang nantinya orang-orang tanyakan. Mereka akan lebih fokus pada apa kemampuanmu, apa ilmu yang kamu peroleh dari bangku perkuliahan, bagaimana kamu berperilaku, dan apa yang kamu lakukan setelah kamu lulus kuliah.

Jadi jika kamu akhirnya memutuskan melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, jangan kawatir. Sebagai Universitas Swasta, Universitas Dian Nuswantoro tentu saja mampu bersaing dengan mereka yang berada di Universitas Negeri. Memutuskan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta bukanlah hal salah dan bukan berarti kamu memiliki masa depan yang suram, bersama UDINUS dan semangat serta tekat yang kuat kamu pasti bisa meraih mimpi mimpimu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *