Pantau Kegiatan Akademik Anak Lewat Siadin Parents

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi pilihan banyak siswa setelah lulus sekolah. Beragam informasi dikumpulkan, mulai dari jurusan, fasilitas, lokasi, biaya dan lain sebagainya tak pernah absen dari diskusi dengan orang tua. Berbagai kosekuansi akhirnya dipertimbangkan, termasuk harus ke luar kota dan berpisah dengan keluarga untuk sementara waktu demi kuliah di universitas pilihan dan menggapai cita-cita. Orang tua seringkali merasa bimbang karena harus berpisah dengan putra putrinya, kawatir tak bisa memantau sehingga kegiatan akademik putra putrinya berjalan tak sesuai rencana.

Mengatasi kecemasan-kecemasan tersebut Uiversitas Dian Nuswantoro meluncurkan Siadin Parents. Siadin Parents diciptakan untuk mempermudah orang tua/wali memantau kegiatan akademik mahasiswa dimanapun mereka berada tanpa harus datang langsung ke kampus UDINUS.

Nah Apa sajakah yang bisa orang tua pantau melalui Siadin Parents ?

1. KRS

KRS adalah singkatan dari Kartu Rencana Studi. Disini berisi daftar mata kuliah yang diambil mahasiswa beserta jumlah sksnya selama satu semester. Gambaran mudahnya KRS disebut sebagai jadwal kuliah. Bukan hanya mata kuliah yang bisa dipantau, namun juga keterangan waktu kapan mahasiswa yang besangkutan harus kuliah. Nah dengan Siadin Parents, orang tua mahasiswa dapat memantau kapan putra putrinya kuliah dan selesai kuliah serta mata kuliah apa saja yang dipelajari. KRS juga sebagai bukti bahwa mahasiswa masih aktif dan sebagai persyaratan mengikuti ujian.

2. Presensi

Ada beberapa orang tua merasa kawatir apakah putra putrinya benar-benar mengikuti perkuliahan atau justru sebaliknya. Nah dalam Siadin Parents ada menu Presensi atau tanda kehadiran. Orang tua dapat memantau kehadiran putra putrinya, apakah benar mengikuti perkuliahan atau sebaliknya. Disini peran aktif orang tua sangat dibutuhkan, apabila menjelang UAS absensi mahasiswa masih kurang dari 75% orang tua dapat mengingatkan putra putrinya untuk mengurus absensi agar mahasiswa yang bersangkutan bisa mengikuti UAS.

3. Hasil Studi Semester Ini dan Hasil Studi Semester Lalu

Tak perlu kawatir dengan nilai akademik mahasiswa, dengan Siadin Parents orang tua bisa dengan mudah memantau hasil belajar putra putrinya. Bukan hanya di semester ini namun juga semester sebelumnya baik hasil nilai UTS maupun nilai UAS. Sehingga ketika ditemukan kekurangan orang tua bisa langsung memperingatkan putra putrinya untuk meningkatkan belajar sehingga kegiatan akademik berjalan sesuai rencana.

4. Tranksrip Nilai

Tranksrip nilai adalah kumpulan dari semua nilai, fungsinya untuk menjelaskan pencapaian akademik dari semester satu hingga akhir. Dalam transkrip nilai akan tertera ipk atau indeks prestasi komulatif yang biasanya dapat digunakan sebagai persyaratan beasiswa ataupun untuk melamar pekerjaan.

5. Jadwal Mengajar Dosen Wali

Terdapat menu Jadwal Mengajar Dosen Wali dalam Siadin Parents. Akan terlihat jadwal mengajar dosen wali anak yang bersangkutan sehingga orang tua lebih mudah menentukan jadwal konsultasi dengan dosen wali bila diperlukan.

6. Pembayaran

Tak perlu kawatir dengan pembayaran uang kuliah, semuanya akan terekap dalam menu Pembayaran di Siadin Parents. Semua tagihan yang berhubungan dengan pembayaran perkuliahan berada pada menu ini, sehingga orang tua mhasiswa dapat mematau berapa jumlah pembayaran perkuliahan putra putrinya yang harus segera dibayarkan.

7. Jadwal Ujian

Dalam menu ini orang tua mahasiswa dapat melihat jadwal ujian putra putrinya sehingga kegiatan kademik dapat terpantau dengan maksimal. Dibutuhkan peran aktif orang tua bersama kampus karena peran aktif orang tua menjadi salah satu faktor bagi mahasiswa untuk terus konsisten dalam menempuh pendidikan sekaligus memberi peluang dan motivasi untuk menemukan kompetensinya. Nah dengan adanya Siadin Parents orang tua tak perlu lagi kawatir dengan kegiatan akademik putra putri tersayangnya. Orang tua/wali dapat mengecek atau mengontrol seluruh aktivitas putra putrinya di kampus, karena sejatinya peran orang tua sangatlah berpengaruh bagi perkembangan akedemik putra putrinya. So jangan lagi ragu mendaftarkan putra putri anda di Universitas Dian Nuswantoro, segera daftarkan putra putri anda melalui pmb.dinus.ac.id

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.