Skill Keren yang Bisa Kamu Pelajari di Perkuliahan

Setelah menyelesaikan pendididkan di bangku SMA, maka artinya siap untuk melanjutkan pendidikan ke dunia perkuliahan. Kuliah bukanlah sekedar masuk kelas, absen, mengerjakan skripsi lalu wisuda saja. Kuliah adalah wadah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitasmu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat duduk di bangku perkuliahan. Bahkan apabila kamu mampu memanfaatkan dengan maksimal kamu akan mendapatkan banyak skill baik dari mata kuliah maupaun diluar mata kuliah yang kamu pilih. Nah skill apa saja sih yang bisa kamu dapatkan di bangku perkuliahan?

1. Komunikasi dan Public Speaking

Public speaking adalah skill yang penting dan sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Kamu akan mendapatkan nilai plus apabila memiliki kemampuan public speaking yang baik, bukan hanya dalam lingkungan kerja bahkan dalam lingkungan masyarakat. Lalu bagaimana cara mengasahnya ? Di perkuliahan kamu akan menjadi akrab dengan yang namanya presentasi, kamu juga akan bertemu dengan yang namanya diskusi. kamu akan berlatih untuk mengemukakan gagasan dan idemu agar audiencemu memahmi apa yang kamu sampaikan. Sehingga disanalah kemampuan public speaking dan komunikasimu akan semakin terasah. Jadi sebisa mungkin jangan ogah-ogahan ketika ditunjuk untuk presentasi di depan kelas ya!

Selain hal tersebut, kamu juga bisa ikut aktif dalam kegiatan organisasi. Dalam organisasi, biasanya akan menjalankan sebuah proker berupa kegiatan seminar, workshop dan lain sebagainya. Disana kamu bisa menuangkan kreativitas dan gagasanmu sehingga tanpa disadari kamu juga telah belajar publik speaking. Jangan menjadi mahasiswa yang merugi, ambil kesempatan untuk menjalankan proker, ikutlah menjadi bagian dari panitia, disana kamu bisa berlatih public speaking. belajar lobbying dan negosiasi dan lain sebagainya yang tentu saja akan semakin menambah pengalamanmu dalam berkomunikasi.

2. Event Organizing

Di perkuliahan kamu akan menjumpai banyak acara kampus, baik itu event lomba, workshop, seminar hingga acara musik. Cobalah ambil kesempatan tersebut dengan ikut menjadi panitia. Kamu bisa memilih devisi dan belajar di dalamnya seperti ikut devisi acara, dokumentasi, konsumsi bahkan devisi inti. Disana kamu akan banyak belajar mengenai manajemant event dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk menambah skill yang kamu miliki. Kamu bisa belajar tanggung jawab, kerja tim, disiplin dan tentu saja akan semakin menambah relasimu. Apabila kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, kamu bisa juga hlo memanfaatkan skill event organizingmu untuk membuka event organizer sendiri. Kamu bisa memulainya dengan membuka jasa event planner untuk acara ulang tahun, dan lain sebagainya.

3. Entrepreneurship

Sebagian mahasiswa mungkin akan berfikir setelah lulus kuliah mereka akan bekerja di perusahaan incaran mereka, adakah dari kalian yang punya cita cita lain? Membuka lapangan kerja sendiri misalnya ? Jika iya maka kamu harus memanfatkan pekuliahmu sebaik mungkin dan berlatih menjadi seorang enterepreneur yaitu dengan membuka usahamu sendiri. Saat menjadi mahasiswa lingkaran pertemananmu sangat luas hal tersebut dapat memudahkanmu untuk menentukan target market yang paling potensial. Cari tau apa yang teman temanmu butuhkan dan mulailah usahamu. Saat masih menjadi mahasiswa kamu juga akan lebih mudah mendapat akses mentoring dari banyak orang seperti dosen dosenmu. Jadi manfaatkanlah status mahasiswamu sebaik baiknya ya. Memilih Universitas yang mendukung kegiatan wirausaha juga menjadi hal penting yang harusnya menjadi pertimbanganmu.

Universitas Dian Nuswantoro memiliki visi sebagai Universitas pilihan utama dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan memberikan skill kewirausahaan kepada mahasiswanya sehingga ketika lulus nanti mhasiswa tidak hanya berkerja di perusahaan impian namun juga mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri. Di Universitas Dian Nuswantoro kamu juga bisa mendaftarkan usahamu ke Entrepreneurship Center Udinus dan berkesempatan mendapat dana usaha untuk memulai usahamu baik dana dari kampus pemerintahan maupun swasta. Nah tunggu apa lagi, segera daftarkan dirimu menjadi mahasiswa Universitas Dian Nuswantoto melalui http://pmb.dinus.ac.id

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.