Zaman terus berkembang pesat, kemajuan teknologipun semakin cepat, dalam menghadapi tantangan ini sumber daya manusia semakin dituntut untuk bisa menghadapi lingkungan global yang sangat dinamis. Bukan hanya berbekal ijazah namun juga skill yang mampu bersaing di industri abad 21. Seperti yang diungkapkan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim bahwa skill lebih penting daripada ijazah. Bukan berarti ijazah menjadi tidak penting, karena tak dapat dipungkiri, hingga saat ini kebanyakan perusahaan masih mengedepankan ijazah saat menentukan layak atau tidaknya sesorang bekerja. Ijazah dianggap sebagai tolak ukur utama apakah seseorang berkompeten atau tidaknya, nah saat sesi interview atau wawancara, kompetensi barulah diuji, apakah sesuai dengan ijazah, lebih baik atau justru lebih buruk. Disini peran dosen atau pendidik sangatlah penting, karena mereka bertanggungjawab terhadap kualitas sumber daya manusia yang ada. Universitas yang baik paham betul akan perkembangan industri yang semakin pesat, oleh karena itu Universitas yang baik memberikan skill yang dibutuhkan pada abad 21 ini, skill tersebut adalah 4C, apa sajakah itu?

1. Colaboration

Keterampilan yang wajib kamu dapatkan saat perkuliahan adalah kolaborasi. kolaborasi adalah kemampuan bekerja sama. Bagaimanapun juga manusia adalah makhluk sosial yang tentunya membutuhkan bantuan orang lain. Disini setiap orang dituntut untuk mampu berkolaborasi atau berkerja sama dengan orang lain. Banyak orang yang akhirnya gagal saat bekerja hanya karena tak mampu berkerja baik bersama tim. Dengan meningkatkan kemampuan kolaborasi seseorang juga akan belajar melatih egonya masing masing, berlatih menerima pendapat dan kritik dari orang lain sehingga akan menjadi seseorang memiliki jiwa yang tangguh. Itulah mengapa dosen sering memberimu tugas kelompok. Yang tak lain supaya kamu mempunyai kemampuan berkolaborasi. Jadi saat mengerjakan tugas kelompok jangan hanya numpang nama aja yaa

2. Communication

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu hal terpenting, banyak permasalahan terjadi karena kurangnya komunikasi antar individu. Komunikasi bertujuan untuk mengirimkan pesan melalui media yang dipilih kepada seseorang agar dapat dimengerti sehingga tidak menimbulkan salah persepsi. Percuma dong kalau kamu punya gagasan yang cemerlang tapi tidak dikomunikasikan, atau kamu menemukan penemuan baru tapi tidak juga dipromosikan, tak ada orang lain yang tau. Oleh karena itu kamu harus mempunyai komunikasi yang baik untuk menghadapi industri abad 21 baik komunikasi verbal berupa kemampuan berbicara secara lisan maupun nonverbal berupa tindakan atau tingkah laku.

3. Critical Thinking

Critical tingking adalah kemampuan berfikir kritis, kemampuan memahami masalah yang rumit. Memandang permasalahan secara luas dengan memperhatikan sebab dan akibat dan mengkoneksikan informasi satu dengan lainnya sehingga mampu menemukan solusi dari permasalahan. Seseorang dengan critical tingking yang baik akan menjadi sesrorang yang pintar mengambil keputusan. Mampu menyelesaikan masalah dengan baik (problem solving).

4. Creatifity

Berbeda dengan critical thinking, creatifity adalah cara berfikir kreatif. Bukan lagi berfikir out of the box tapi cobalah berfikir there is no box. Yang berati memiliki kebebasan berfikir hingga akhirnya mampu memunculkan inovasi inovasi baru serta memiliki kemampuan dalam menghasilkan pikiran-pikiran baru yang positif untuk menghadapi tantangan global.

Nah sudahkan kamu memiliki skill 4C tersebut? Pilihlah Universitas yang mampu memberikanmu skill 4C seperti Universitas Dian Nuswantoro. Dengan skill 4C tersebut akan memudahkanmu menakhlukan kompetisi abad 21, Seseorang yang mampu berfikir kritis dalam memecahkan masalah, seseorang yang mampu berfikir kreatif dan inovative dalam bekerja disertai dengan kemampuan berkomunikasi efektif dan mampu bekerja sama dengan orang lain, maka tantangan kompetisi abad 21 akan mudah dilalui karena ia memiliki karakter, keterampilan dan wawasan yang baik. So terus asah skillmu dan segeralah mendaftar di UDINUS melalui http://pmb.dinus.ac.id